Waspada Saat Bertransaksi Over Kredit

0

Tidak semua orang yang membeli mobil secara kredit mampu untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotor miliknya hingga masa kredit selesai. Banyak yang pada akhirnya memutuskan untuk menjual kendaraan kesayangannya tersebut, karena ketidakmampuan ini. Yah, daripada harus benar-benar mengalami kerugian saat waspada-saat-bertransaksi-over-kreditkendaraan ditarik oleh leasing, lebih baik jika mobil tersebut dijual saja. Setidaknya, jika kondisi kendaraan masih bagus dan terawat, bisa saja sang pemilik mobil mendapatkan keuntungan dari selisih harga mobil dengan total angsuran yang harus dilunasi.

Namun, hal itu berlaku jika kamu memutuskan untuk melunasi kendaraan. Sebab, saat ini banyak juga pembeli yang lebih memilih untuk melakukan transaksi over kredit dibandingkan dengan harus melunasi mobil secara penuh. Apalagi, jika pada akhirnya pembeli tersebut juga membeli kendaraan secara kredit. Daripada repot-repot mencari leasing dan mengurus administrasi, akan lebih mudah dan praktis melanjutkan kredit yang sudah ada, bukan?

Jika transaksi ini yang diinginkan pembeli, kamu sebagai pihan penjual patut waspada nih. Sebab, proses over kredit ini biasanya hanya melibatkan 2 pihak, yaitu penjual dan pembeli. Artinya, leasing tidak mengetahui masalah transaksi ini. Sementara, nama yang tercatat dalam administrasi leasing tetaplah namamu, bukan nama pemilik baru kendaraan. Jadi, ketika terdapat masalah dengan pembayaran cicilan kamulah yang akan dicari oleh pihak leasing, bukan pemilik baru kendaraanmu.  Termasuk juga ketika ternyata mobilmu tersebut digunakan untuk melakukan suatu kegiatan kriminal, maka namamu lah yang akan tercatat sebagai pemilik kendaraan. Sebab, nama kepemilikan tidak akan bisa diubah tanpa menggunakan BPKB. Padahal, mobil tersebut kan belum lunas, jadi bagaimana bisa menebus BPKB?

Lalu, apakah sebaiknya tidak melakukan transaksi?

Yap, sebenarnya, cara paling aman adalah menghindari transaksi jenis ini. Namun, hal ini juga bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu benar-benar dalam posisi membutuhkan uang. Jadi, cara lainnya adalah dengan lebih waspada dan melakukan berbagai hal sebelum melakukan transaksi over kredit, sebagai tindakan pencegahan risiko atas kerugian yang mungkin kamu alami. Apalagi, tidak semua orang yang menawarkan transaksi ini adalah orang yang tidak bertanggungjawab kok. Buktinya, banyak juga kok orang yang melaksanakan kewajibannya membayar angsuran hingga masa kredit habis, dan BPKB bisa ditebus. Jadi, asal kamu lebih waspada maka transaksi ini tidak akan menimbulkan kerugian untukmu. (Vita)

Gunakan Radiator Coolant Untuk Menjaga Mesin Mobil

0

Kalau sudah siap memiliki mobil dengan kredit mobil mandiri ataupun secara tunai, artinya kamu harus siap juga dengan berbagai pengetahuan mengenai perawatan mobil. Iya dong, masa kamu hanya tahu cara memakainya saja dan mengabaikan masalah perawatan. Nanti kalau mobilmu tiba-tiba bermasalah saat sedang digunakan, bagaimana? Pasti merepotkan, bukan?gunakan-radiator-coolant-untuk-menjaga-mesin-mobil

Ada banyak sekali perawatan mobil yang sebaiknya kamu tahu. Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari semuanya, setidaknya kamu bisa mempelajari hal yang dasar saja, misalnya masalah radiator mobil. Yap, hal ini merupakan hal dasar yang penting sekali untuk kamu ketahui. Sebab, kesalahan dalam perawatan komponen ini dapat membuat mobil mengalami masalah yang cukup seriud, seperti overheat.

Perawatan radiator yang umum diketahui masyarakat yaitu menjaga agar air radiator tidak sampai habis. Misalnya dengan mengecek dan memastikan bahwa tangki radiator dan cadangannya masih terisi penuh sebelum memulai perjalanan. Untuk berjaga-jaga, banyak orang yang memutuskan untuk membawa air keran atau air mineral dalam botol 1 liter. Lalu, apakah perawatan ini sudah tepat? Sebenarnya ada benarnya, yaitu memeriksa jumlah air radiator, namun ada juga kesalahan yang dilakukan, yaitu menggunakan air keran atau air mineral untuk radiator.

Baik air keran maupun air mineral mengandung zat yang dapat mempercepat proses korosi, sehingga dalam jangka waktu panjang akan membuat mesin dipenuhi oleh endapan karat. Ya, memang dampak yang terjadi dalam jangka panjang. Namun, jika hal ini sudah terjadi, maka proses perbaikannya pun tidak akan mudah dan murah. Apalagi, jika karat ini terjadi pada banyak komponen mesin.

Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, maka sebaiknya gunakanlah radiator coolant yang memang berfungsi sebagai air radiator. Radiator coolant ini mengandung berbagai macam zat kimia yang bermanfaat untuk mendinginkan mesin pada saat mesin bekerja. Dipasaran, saat ini terdapat berbagai pilihan jenis radiator coolant, diantaranya:

  • Radiator coolant standar

Cairan ini praktis karena tidak perlu dicairkan terlebih dahulu saat ingin menggunakan. Cairan ini memiliki titik didih yang cukup tinggi, yaitu 118 derajat celcius.

  • Radiator Super Coolant

Untuk cairan ini kamu harus mencairkannya terlebih dahulu dengan air sebelum menggunakannya. Perbandingan campurannya sendiri yaitu 50:50. Titik didih dari cairan ini yaitu sekitar 130 derajat celcius.

  • Antifreeze dan Protector

Komposisi penggunaan cairan ini harus disesuaikan dengan iklim. Cairan ini memiliki titik didih mencapai 128 derajat celcius. (Vita)

Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor

0

Bagi kamu yang berniat untuk membeli sepeda motor, jangan hanya terfokus untuk mencari kredit sepeda motor termurah saja. Begitu motor sudah dimiliki, langsung deh merasa senang dan membawa motornya kemanapun. Asalkan motor sudah ada ditangan, tidak peduli lagi deh apakah semua hal yang harus dimiliki sudah lengkap atau belum. Padahal, berbagai hal tersebut memang wajib dimiliki oleh pengendara motor, apalagi berkaitan dengan keselamatan.perlengkapan-yang-wajib-dimiliki-pengendara-motor

Jadi, apa sajakah hal yang harus dimiliki pengendara motor?

  • SIM C

Surat Izin Mengemudi merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang yang ingin mengemudikan kendaraan. Untuk kendaraan roda dua atau motor, SIM yang digunakan yaitu SIM C. Dengan memiliki SIM C ini, membuktikan bahwa kamu telah lulus mengikuti berbagai ujian (tertulis dan praktek) yang diadakan oleh kepolisian. Artinya, kamu sudah layak untuk berkendara di jalan umum, karena sudah dapat mengendarai kendaraan dan mengetahui berbagai peraturan lalu lintas dengan baik.

  • Helm

Jika kamu membeli sebuah motor baru di dealer, umumnya kamu akan mendapatkan sebuah helm sebagai bonus. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu menyediakan sebuah helm sendiri untuk berjaga-jaga jika kamu ingin mengajak seseorang berkendara bersamamu. Dan jangan lupa, untuk selalu menggunakan helm kemanapun kamu pergi, karena ini merupakan salah satu peralatan keselamatan yang wajib kamu gunakan.

  • Jas Hujan

Motor itu berbeda dengan mobil. Jika kamu berada di dalam mobil, saat hujan pun kamu tidak akan kehujanan. Akan tetapi, jika kamu berkendara dengan motor dan hujan turun, kamu sudah pasti akan kebasahan. Jadi, daripada kebasahan kamu wajib untuk terus menyediakan jas hujan dalam bagasi motormu. Jangan berharap untuk berteduh saat hujan turun, apalagi jika berteduh di bawah jalan layang, hal ini tentunya sangat dilarang untuk dilakukan. Sebab, akan mengganggu pengendara lainnya.

  • Perkakas Motor

Ada beberapa dealer yang memberikan bonus berupa perkakas standar untuk konsumennya. Akan tetapi, jika kamu membeli motor bekas ataupun motor yang tidak dilengkapi dengan ini, sebaiknya kamu sendiri menyediakannya. Perkakas standar ini penting, karena akan kamu butuhkan jika suatu saat terjadi masalah pada motormu dan kamu harus melakukan pembongkaran sedikit pada mesin motormu. (Vita)

Aksesoris Mobil yang Patut diwaspadai (Part 2)

0

Melengkapi mobil Mitsubishi Strada Triton atau mobil lain yang baru dibeli dengan berbagai macam aksesoris pasti menyenangkan. Apalagi untuk perempuan, aksesoris yang dipasang dibagian interior mobil sudah seperti hal yang wajib ada. Yap, memang biasanya, jarang perempuan yang mengutamakan aksesoris untuk eksterior mobil, dan umumnya lebih mengutaman aksesoris pada bagian interior.

Nah, seperti yang telah dibahasAksesoris Mobil yang Patut diwaspadai 2 sebelumnya di aksesoris mobil yang patut diwaspadai part 1, memang beberapa jenis aksesoris ternyata justru dapat berbahaya jika kamu gunakan. Beberapa aksesoris masih bisa kamu atasi dengan memilih yang tepat, namun beberapa lainnya sebaiknya benar-benar kamu hindari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut berbagai aksesoris mobil lain yang sering digunakan oleh perempuan, namun patut untuk diwaspadai (part 2):

  • Hiasan Dasbor

Dasbor adalah salah satu tempat yang sering digunakan untuk menaruh berbagai aksesoris. Dari mulai boneka, parfum, atau berbagai pajangan lainnya. Nah, jika kamu termasuk orang yang hobi memasang aksesoris di area ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini, supaya aksesoris ini tidak memberi dampak negatif ke kamu.

Pertama, pastikan pantulan bayangan dari aksesoris tersebut tidak akan mengganggu konsentrasimu saat menyetir. Karena, benda apapun yang diletakkan pada dasbor pasti akan memantulkan bayangan gambar pada kaca bagian depan. Kedua, pastikan bahwa kamu menempel hiasan tersebut dengan lem yang sangat kuat, dan tidak akan terjatuh meskipun kamu sedang berkendara di jalanan yang rusak sekalipun. Karena, ketika ada suatu benda yang terjatuh biasanya kita secara reflek akan berusaha menangkapnya, dan tentunya hal ini akan sangat berbahaya.

  • Set bantalan leher

Banyak sekali orang yang senang memasang bantalan leher lengkap dengan sarung untuk seat belt nya. Apalagi, saat ini banyak sekali set yang memiliki warna ataupun motif sangat lucu. Hal ini tidak salah, selama aksesoris ini tidak mengganggu kenyamananmu saat berkendara. Jangan lupa, bahwa desain bangku pada setiap mobil berbeda, begitu pula ukuran dan tingkat ketebalan bantalan leher. Jadi, sebaiknya cobalah kamu pasang pada bangku mobilmu, dan bersandarlah. Jika kamu merasa kurang nyaman, jangan paksa untuk membelinya.

  • Monitor

Mobil yang tidak dilengkapi dengan monitor touchscreen, mungkin terasa kurang update yah di jaman sekarang. Hampir seluruh music player di mobil saat ini menggunakan monitor, jadi selain mendengarkan lagu, kamu juga bisa tuh memutar video atau bahkan film. Tapi, tahu gak sih kalo hal ini sangat berbahaya? Yap, kehadiran monitor ini dapat mengganggu konsentrasi kamu saat mengemudi, khususnya jika kamu sedang memutar sebuah video. Konsentrasi kamu akan terpecah dua untuk memperhatikan jalan, dan juga untuk melihat ke arah video. Jadi, ada baiknya jika kamu menghindari memutar video apapun saat sedang mengemudi yah. (Vita)

Aksesoris Mobil yang Patut diwaspadai (Part 1)

1

“Kalau nanti punya mobil Mitsubishi Pajero Sport, mau pasang aksesoris ini ah.” Yap, itu mungkin kalimat yang sering kamu ucapkan ketika melihat aksesoris mobil yang sesuai dengan seleramu. Meskipun mobil yang kamu beli pada akhirnya berbeda pun, kamu mungkin tetap memiliki berbagai aksesoris mobil yang menurutmu wajib ada di dalam mobilmu. Baik laki-laki ataupun perempuan, sangat jarang sekali yang membiarkan mobilnya begitu saja dalam keadaan standar tanpa memberi aksesoris tambahan.Aksesoris Mobil yang Patut diwaspadai

Sebenarnya, memberikan beragam aksesoris pada mobil kesayangan sih boleh-boleh saja. Tapi, tahu nggak sih, kalau ada beberapa aksesoris yang menjadi favorit para pemilik kendaraan yang ternyata dapat berbahaya dan harus diwaspadai. Penasaran? Yuk, langsung kita bahas.

  • Pembungkus stir

Banyak orang yang senang membungkus stir mobilnya dengan pembungkus tambahan. Alasannya jelas, supaya terlihat lebih menarik. Nah, jika kamu memang termasuk orang yang senang dengan aksesoris ini, coba deh lebih detail lagi dalam memilih pembungkus stir untuk mobilmu. Jangan hanya melihat dari tampilannya saja. Karena, jika pembungkus stir ini dengan stir tidak merekat dengan baik, akan beresiko stir tidak berputar pada saat kamu memutarnya. Karena itu, pastikan keduanya merekat dengan baik.

  • Forklift Knob

Tahu alat berbentuk lingkaran yang sering ditempelkan pada stir mobil? Alat ini dinggap dapat mempermudah saat menyetir, khususnya jika kamu hanya ingin menggunakan satu tangan saja. Akan tetapi, forklift knob ini sebenarnya bisa berbahaya loh. Misalnya saja, saat ada kondisi yang membuatmu haru mengerem mendadak, dan membuat tubuhmu terkena stir mobil. Dengan adanya forklift knob ini, luka yang kamu derita bisa lebih serius karena bentuknya yang menonjol dan keras. Karena itulah, ada baiknya jika kamu tidak terlalu membiasakan diri menggunakan aksesoris ini.

  • Pedal set

Menggunakan pedal set agar mobil terlihat keren sih boleh saja, tapi perhatikan baik-baik bahan yang digunakan dan ukuran dari pedal set tersebut. Cobalah kamu pasang pedal set tersebut, dan injak seluruh pedalsecara bergantian dalam kondisi mobil berhenti. Apakah terasa nyaman? Karena, jangan sampai penggunaan pedal ini membuat kegiatan menyetirmu menjadi terganggu. Selain itu, pastikan memilih pedal yang memiliki bahan tidak licin, khususnya ketika terkena air. Misalnya, pedal yang memiliki tekstur khusus, ataupun pedal yang dilapisi karet pada bagian atasnya.

Sekian dulu pembahasan mengenai berbagai aksesoris mobil yang patut di waspadai. Nantikan selanjutnya di part 2 yah. (Vita)