Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor

Bagi kamu yang berniat untuk membeli sepeda motor, jangan hanya terfokus untuk mencari kredit sepeda motor termurah saja. Begitu motor sudah dimiliki, langsung deh merasa senang dan membawa motornya kemanapun. Asalkan motor sudah ada ditangan, tidak peduli lagi deh apakah semua hal yang harus dimiliki sudah lengkap atau belum. Padahal, berbagai hal tersebut memang wajib dimiliki oleh pengendara motor, apalagi berkaitan dengan keselamatan.perlengkapan-yang-wajib-dimiliki-pengendara-motor

Jadi, apa sajakah hal yang harus dimiliki pengendara motor?

  • SIM C

Surat Izin Mengemudi merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang yang ingin mengemudikan kendaraan. Untuk kendaraan roda dua atau motor, SIM yang digunakan yaitu SIM C. Dengan memiliki SIM C ini, membuktikan bahwa kamu telah lulus mengikuti berbagai ujian (tertulis dan praktek) yang diadakan oleh kepolisian. Artinya, kamu sudah layak untuk berkendara di jalan umum, karena sudah dapat mengendarai kendaraan dan mengetahui berbagai peraturan lalu lintas dengan baik.

  • Helm

Jika kamu membeli sebuah motor baru di dealer, umumnya kamu akan mendapatkan sebuah helm sebagai bonus. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu menyediakan sebuah helm sendiri untuk berjaga-jaga jika kamu ingin mengajak seseorang berkendara bersamamu. Dan jangan lupa, untuk selalu menggunakan helm kemanapun kamu pergi, karena ini merupakan salah satu peralatan keselamatan yang wajib kamu gunakan.

  • Jas Hujan

Motor itu berbeda dengan mobil. Jika kamu berada di dalam mobil, saat hujan pun kamu tidak akan kehujanan. Akan tetapi, jika kamu berkendara dengan motor dan hujan turun, kamu sudah pasti akan kebasahan. Jadi, daripada kebasahan kamu wajib untuk terus menyediakan jas hujan dalam bagasi motormu. Jangan berharap untuk berteduh saat hujan turun, apalagi jika berteduh di bawah jalan layang, hal ini tentunya sangat dilarang untuk dilakukan. Sebab, akan mengganggu pengendara lainnya.

  • Perkakas Motor

Ada beberapa dealer yang memberikan bonus berupa perkakas standar untuk konsumennya. Akan tetapi, jika kamu membeli motor bekas ataupun motor yang tidak dilengkapi dengan ini, sebaiknya kamu sendiri menyediakannya. Perkakas standar ini penting, karena akan kamu butuhkan jika suatu saat terjadi masalah pada motormu dan kamu harus melakukan pembongkaran sedikit pada mesin motormu. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s