Pentingnya Hadiah untuk Suatu Kejuaraan

“Yeaaay…. menang. Lumayan, dapet hadiah voucher belanja Sodexo. Kan bisa dimanfaatin buat belanja macem-macem di merchant Sodexo.” Kalimat sejenis ini pasti kamu ucapkan ketika memenangkan sesuatu dan mendapatka hadiah atas kemenanganmu. Pasti seneng banget kan? Ya iyalah, aku sendiri aja seneng banget kalau berhasil menang terus dapet hadiah. Yah walaupun misalnya hadiahnya mungkin gak memiliki nilai yang terlalu besar, tapi keberhasilan dalam meraih kemenangan itu jelas merupakan suatu penghargaan sendiri untuk segala usaha kita. Apalagi, kalau lomba atau kontes yang kita ikuti memiliki banyak sekali peserta, dan kita berhasil menang. Wuihhh…. dijamin deh pasti kita bakal lebih bangga lagi kalau berhasil menang, walaupun mungkin bukan juara pertama.Pentingnya Hadiah untuk Suatu Kejuaraan

Yap, kontes, lomba, kejuaraan dan berbagai hal lain yang sejenis jelas sangat membutuhkan penghargaan untuk para pemenannya. Bahkan, jenis penghargaan atau hadiah yang ditawarkan peserta ini sangat mempengaruhi jumlah peserta loh. Ada banyak sekali jenis lomba yang terkadang hanya diikuti sedikit sekali peserta, jauh dibawah batas minimum jumlah peserta yang ditargetkan. Nah, ini bisa disebabkan dari hadiah yang ditawarakan oleh panitia lomba dianggap kurang menarik.

Coba saja kalau kamu ada di posisi peserta lomba, kamu pasti akan mencari jenis lomba yang menawarkan hadiah menarik bukan? Apalagi, kalau kamu harus mengeluarkan usaha yang cukup keras untuk bisa mengikuti lomba tersebut, kamu pasti ingin dong hasil kerja kamu dihargai dengan sesuatu yang cukup pantas? Yah, setidaknya kalau menurutku sih seperti itu. Kalau suatu kontes gak terlalu membutuhkan usaha yang cukup besar, mungkin hadiah yang gak terlalu bernilai gak akan ada masalah. Yah… anggap saja iseng-iseng berhadiah. Kalau menang syukur, kalau gak menang ya gak masalah. Akan tetapi, kalau harus berusaha untuk menang, jelas hadiah yang mau aku dapatkan gak cuma hadiah yang gak terlalu bernilai.

Hadiah berupa uang tunai, saat ini masih menjadi favorit para peserta lomba. Jelas, karena uang bisa dipakai kapanpun dan untuk apapun. Sementara, untuk hadiah voucher bisa dibilang bergantung kondisinya. Maksudnya, jika voucher yang dijadikan hadiah adalah voucher belanja di banyak merchant yang dapat dimanfaatkan tanpa adanya nilai belanja minimum, pasti tetap akan menjadi favorit. Sebab, voucher ini bisa dipakai tanpa belanja minimum, jadi bisa dimanfaatin untuk belanja pas lagi gak punya uang. Bener gak?

Untuk hadiah berupa barang, biasanya sih peserta akan cenderung memilih lomba atau kontes yang menawarkan barang yang mudah dijual. Yah,  setidaknya kalau menang dan dapat hadiahnya, kan bisa dijual (kalau memang gak butuh). Akan tetapi, kalau memang butuh barangnya, ya jelas lah akan disimpen. Lumayan kan?

Dari penjelasan diatas, jelas kan kenapa hadiah sangat penting dalam sebuah lomba? Dan sangat berpengaruh besar dalam menarik minat peserta untuk mengikuti lomba. Jadi, kalau suatu saat kamu menjadi panitia lomba, kontes atau sejenisnya, jangan pernah menganggap kecil hadiah yang akan kamu berikan pada pemenang yah. Jangan sampai, kamu sudah susah-susah mengadakan acara, eh ternyata tidak ada yang tertarik menjadi peserta karena hadiahnya tidak menarik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s