Pahami Perbedaan Ganti dan Kuras Oli Transmisi

Bagi pemilik dan pengguna kendaraan matic, baik roda empat seperti Mitsubishi mirrage maupun roda dua, pasti sudah tidak asing dengan oli transmisi matic. Yap, sesuai dengan namanya, oli transmisi matic ini hanya ada pada kendaraan matic saja. Tidak seperti oli mesin, yang ada pada setiap jenis kendaraan, baik manual maupun matic.

Ketika kita berbicara tentang oli mesin, maka biasanya kita hanya akan terfokus pada penggantian oli saja. Akan tetapi, pada oli transmisi matic ini tidak seperti itu. Karena, oli transmisi ini harus diganti secara rutin, dan harus dikuras pada periode waktu tertentu. Untuk waktu penggantian atau pengurasan ini, sama seperti oli mesin, bisa tergantung pada jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan ataupun waktu pemakaian kendaraan.

Lalu, apa yah perbedaan antara ganti dan kuras oli transmisi?

  • Ganti oli transmisi

Penggantian oli transmisi pada mobil umumnya dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 KM, atau setelah 2 kali penggantian oli mesin. Pada proses ini, oli dibuang keluar melalui bagian bawah gearbox, dengan membuka baut di karter gearbox. Setelah seluruh oli terbuang, maka kita hanya perlu mengisi dengan oli yang baru. Untuk melakukan penggantian oli ini kita tidak harus ke bengkel, namun jika kita masih merasa tidak yakin bisa melakukannya sendiri, sebaiknya lakukan penggantian ini di bengkel.

  • Kuras oli transmisi

Pengurasan oli transmisi dilakukan tidak sesering penggantian. Pada proses ini, oli akan dikeluarkan seluruhnya dengan cara dikuras dengan menggunakan sebuah alat. Hal inilah yang membuat proses ini tidak bisa dilakukan oleh semua bengkel. Hanya bengkel tertentu yang memiliki alat bernama ATF Changer saja yang bisa melakukan proses ini. Pada saat proses pengurasan berlangsung, mesin akan tetap dalam kondisi menyala. Biasanya, pengurasan ini dilakukan setiap kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 20.000 Km.

Penggantian dan pengurasan oli transmisi secara teratur ini sama pentingnya dengan penggantian oli mesin. Karena, sangat mempengaruhi daya kerja mesin dan keawetan mesin. Salah satu ciri dari oli transmisi yang sudah waktunya dikuras yaitu, kemampuan kerja mesin yang berkurang, dan kendaraan menjadi kurang nyaman digunakan. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s