Memilih Jenis Bass yang Sesuai

Bass merupakan satu dari sedikit alat musik yang mampu menyaingi kepopuleran gitar sebagai alat musik terfavorit. Tugasnya sebagai pengisi ritme nada menjadikannya sebagai pasangan gitar yang tak dapat dipisahkan. Semakin lama, makin banyak orang yang mulai tertarik belajar bermain bass dan tertarik untuk membeli bass. Namun, sebelum Anda pergi ke Toko Alat Musik terdekat, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli bass.bass

  • Tentukan genre musik yang akan Anda mainkan.

Terdapat banyak jenis-jenis bass dengan berbagai macam bunyi, fungsi, dan ukuran. Tidak semua bass ini cocok untuk semua genre, beberapa jenis bass hanya cocok untuk genre tertentu dan tidak cocok untuk genre lainnya. Namun jika Anda belum menentukan pilhan, jenis bass elektrik dan bass akustik merupakan salah satu jenis yang paling populer dan dapat digunakan untuk berbagai macam genre. 2 jenis bass tsb juga cocok untuk pemula yang baru mulai belajar bermain bass.

  • Berapa senar yang Anda ingin mainkan.

Bass pada umumnya hanya memiliki 4 senar saja, namun inovasi-inovasi baru telah membuka jalan bagi pemain bass yang menginginkan variasi nada yang lebi banyak. Bass yang menggunakan senar lebih banyak dari 4 senar telah banyak bermunculan. Memiliki 5 hingga 6 senar memberikan variasi bunyi yang baru pada bass, memungkinkan bass untuk meraih nada yang lebih rendah. Namun untuk pemula, disarankan memilih bass bersenar 4, Anda bisa menggunakan bass bersenar 5 atau 6 setelah Anda dapat bermain bass bersenar 4 dengan fasih.

  • Dengan, atau tanpa fret?

Fret adalah garis-garis timbul pada leher bass yang memudahkan kita untuk mengetahui posisi nada dengan lebih akurat. Beberapa bass tidak memiliki fret, ini mempersulit para pemula untuk menghafal posisi kunci nada, namun mempermudah mereka yang telah fasih bermain bass. Langsung belajar dengan bass tanpa fret dari awal bukanlah tidak mungkin, namun akan mempersulit para pemula.

  • Cocokan ukuran tubuh dengan bass.

Sama dengan gitar, bass juga memiliki berbagai ukuran yang dapat kita pilih. Pilihlah ukuran bass yang sesuai dengan badan dan ukuran tangan Anda. Jangan pilih bass yang lebih besar dari Anda karena akan mempersulit pembelajaran. (RR)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s