Beragam Jenis Tomat Kuning (Yellow Tomatoes)

Habis kemaren nulis artikel tentang black tomatoes (Indigo rose) yang di dapet dari internet rumah, terus sekarang tertarik pengen nulis tomat yellow tomatoesberwarna kuning atau yellow tomatoes. Sama seperti tomat dengan warna lainnya, yellow tomatoes ini juga memiliki beberapa jenis. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang jenis tomat kuning ini, kita bahas dulu buah ini secara umum.

Yellow tomatoes ini memang berwarna kuning sejak awal perkembangannya. Varietas ini sebenarnya sudah ada cukup lama, namun baru mulai banyak dikenal oleh masyarakat di dunia beberapa waktu belakangan. Ada berbagai hal yang mempengaruhi hasil panen tomat ini (ukuran, warna, rasa), yaitu kultivar (ras)dan waktu saat tomat ini dipanen.

Untuk jenis yellow tomatoes sendiri, berdasarkan dari situs bonnieplants terdapat beberapa jenis, yaitu:

  • Yellow Pear Heirloon Cherry Tomatoes

Tomat kuning ini berbentuk panjang dan Yellow Pear Heirloon Cherry Tomatoesmenyerupai buah pir. Karena bentuknya yang menyerupai pir, buah ini sering disebut juga pear tomato. Sebenarnya ada beberapa varietas pear tomato ini, namun warna kuning adalah varietas yang paling banyak. Bentuknya yang unik membuat tomat ini menjadi salah satu tomat tercantik di kebun. Begitupula saat disajikan menjadi salad.

  • Tumbling Tom Yellow Tomatoes

Tomat ini rasanya sangat lezat dan manis, Tumbling Tom Yellow Tomatoesdan warna serta bentuknya yang mungil membuatnya enak dilihat. Tanaman pohon ini tumbuh tidak terlalu tinggi. Tomat ini mengandung beta karoten dan pigmen yang menghasilkan warna kuning dan orange pada buah ini, dapat melawan radikal bebas.

  • Sun Sugar Tomato

Warna tomat ini sebenarnya sedikit orange, Sun Sugar Tomatodan berukuran cukup kecil. Sekalinya berbuah, tanaman ini dapat menghasilkan hingga ratusan buah. Buah ini pernah mendapatkan penghargaan dari sebuah majalah sebagai buah tomat dengan rasa manis dan rasa getir tomat yang terbaik. Buah ini sangat tepat menjadi camilan sehat sehari-hari.

  • Sun Gold Tomato

Buah ini merupakan salah satu jenis tomat yang Sun Gold Tomatomemiliki rasa manis yang nikmat. Bahkan, anak-anak juga akan menyukainya dan senang menjadikannya sebagai camilan, seperti saat mereka memakan permen. NAmun, untuk mendapatkan rasa manis yang sempurna, tomat harus ditunggu hingga mendapatkan warna yang paling sempurna (kematangan yang pas).

  • Stripey Heirloom Tomato

Tomat ini memiliki motif garis pada kulitnya, Stripey Heirloom Tomatokarena itulah bernama Mr. Stripy. Rasanya manis, dan memiliki warna lebih dari satu pada kulitnya. Keunikan lainnya yaitu, kita tidak akan pernah menemukan warna atau motif yang benar-benar sama dari satu tomat dan yang lainnya.

  • Lemon Boy Yellow Tomato

Sesuai dengan namanya, tomat ini memiliki Lemon Boy Yellow Tomatowarna kuning yang sama dengan warna kuning lemon. Memiliki rasa yang sedikit tajam, manis dan juga ringan. Teksturnya yang halus dan gemuk membuatnya mudah untuk diiris.

  • Golden Jubilee Tomato

Buah ini pertamakali di perkenalkan pada tahun Golden Jubilee Tomato1943, sebagai tomat yang memiliki ukuran sangat gemuk, memiliki kulit yang cukup tebal, namun rasa yang ringan.

Beberapa jenis tanaman yang telah disebutkan di atas mungkin tidak sesuai jika ditanam di beberapa daerah tertentu. Jadi pastikan untuk mencari info mengenai karakteristik tanaman ini sebelum menanamnya. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s