Mendesain Ruang Belajar

Ada beberapa orang yang menggunakan kamar tidur sebagai ruang belajarnya juga, sehingga kamarnya akan dilengkapi dengan meja belajar yang dibeli dari toko furniture jakarta. Biasanya ini dilakukan ketika mendesain ruang belajarseorang masih anak-anak, sehingga orangtua akan mendesain kamar tidur anak yang tidak hanya nyaman untuk tidur saja, tetapi juga untuk belajar.Namun, ketika mulai beranjak dewasa, tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk membuat sebuah ruang belajar khusus yang terpisah dengan kamar. Alasannya tentu saja beragam, salah satunya yaitu merasa ngantuk jika belajar di kamar, sehingga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik.

Suasana kamar yang sering digunakan untuk beristirahat, mungkin memberikan kesan santai dan rileks di dalamnya. Karena itulah, mudah membuat kita merasa  mengantuk. Namun, meskipun ruang belajar sudah dibuat terpisah dari kamar tidur, jika kita mendesainnya dengan cara yang salah tetap saja akan membuat kita tidak bisa berkonsentrasi. Berikut ini, adalah beberapa cara mendesain ruang belajar yang bisa meningkatkan konsentrasi saat belajar:

  • Sesuaikan dengan usia

Siapa saja yang akan sering menggunakan ruang belajar, serta berapa usianya akan mempengaruhi desain ruang belajar. Jika yang menggunakan ruang ini adalah anak-anak, sebaiknya buatlah ruangan yang memberi kesan ceria. Namun, jika yang akan menggunakan ruangan ini adalah orang yang sudah berusia remaja atau beranjak dewasa, kita bisa menyesuaikan desainnya dengan selera kita. Sebaiknya, hindari penggunaan warna yang terlalu cerah atau terlalu gelap, karena dapat membuat kita merasa tidak nyaman berada di dalamnya.

  • Sesuaikan dengan cara belajar

Apakah kita tipe orang yang senang belajar dalam suasana sepi? Ataukah suasana yang ramai? Jika kita hanya bisa berkonsentrasi saat belajar dalam suasana sepi, maka sebaiknya buatlah ruangan yang cukup tertutup agar kita tidak terlalu terganggu dengan berbagai suara dari luar. Namun, jika kita sering belajar sambil mendengarkan lagu atau menonton, atau belajar sambil berbicara (biasanya dilakukan saat sedang menghafalkan sesuatu), maka akan lebih baik jika kita menggunakan peredam pada ruang belajar. Tujuannya, agar orang yang berada di luar tidak terganggu dengan aktivitas kita di dalam.

  • Lengkapi dengan berbagai fasilitas

Sebaiknya, lengkapi ruang belajar dengan berbagai fasilitas yang akan kita butuhkan. Misalnya seperti dispenser kecil, kamar mandi, dan berbagai hal lain yang kemungkinan akan dibutuhkan. Tujuannya, agar kita tidak perlu sering ke luar ruangan untuk memenuhi kebutuhan kita seperti minum atau ke toilet saat proses belajar sedang di mulai. Karena, biasanya semakin sering kita keluar maka akan membuat kita semakin sulit berkonsentrasi. (Vita)

Advertisements

One thought on “Mendesain Ruang Belajar

  1. Pingback: Mendesain Ruang Kerja di Rumah | Kumpulan Tips & Artikel terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s