Makanan untuk Jantung yang Sehat

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang disebut sebagai silent killer. Bagaimana tidak, sudah banyak pendMakanan untuk Jantung yang Sehateritanya yang terlihat sehat dan baik-baik saja, namun dalam waktu singkat tiba-tiba meninggal akibat penyakit ini, bahkan sebelum sempat ditangani oleh spesialis jantung. Karena itulah, banyak yang merasa takut dengan penyakit ini.

Semakin banyak masyarakat yang melakukan berbagai cara agar terhindar dari penyakit ini. Dari mulai berolahraga secara rutin, menghindari rokok, dan memulai pola makan yang sehat. Sayangnya, banyak orang yang gagal mencoba cara yang terakhir karena tidak tahan dengan godaan. Apalagi, ketika sedang berada di tempat umum bersama teman-teman, dan melihat orang disekeliling kita mengonsumsi berbagai macam makanan yang terlihat lezat. Ini tentunya akan menjadi godaan terbesar bagi kita.

Sebenarnya, pola makan yang sehat itu bukan berarti benar-benar menuntut kita untuk mengonsumsi segala makanan sehat saja loh. Kita boleh kok mengonsumsi makanan “tidak sehat”, selama kita tahu aturannya. Nah, untuk kalian yang ingin tahu bagaimana mengatur makanan kita agar tetap sehat untuk jantung namun tidak terlalu menyiksa, berikut ini adalah beberapa diantaranya (dikutip dari situs heart foundation):

  • Masukkan sayur, biji-bijian, buah, dan kacang-kacangan dalam daftar menu yang dikonsumsi setiap harinya
  • Pilihlah lemak yang sehat untuk kebutuhan lemak dalam tubuh, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan gunakan minyak zaitun untuk memasak semua bahan tersebut
  • Usahakan mengonsumsi ikan atau seafood setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu
  • Sertakan kacang atau polong-polongan dalam menu makanan, setidaknya 2 kali seminggu. Selain itu, setidaknya konsumsi telur sebanyak 6 butir perminggunya.
  • Konsisten menjaga makanan “sometimes food” tetap menjadi “sometimes food”.
  • Jika ingin mengonsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak, keju atau yoghurt.
  • Lebih baik menambahkan rempah-rempah dan bumbu lainnya untuk menambah rasa, dibandingkan dengan menambahkan garam.
  • Minum air dalam jumlah yang cukup.

Pasti sering kan mendengar seseorang yang berkata, “yah, gak apalah makan ini, cuma sesekali ini”. Biasanya, kalimat ini diucapkan ketika seseorang akan mengonsumsi sebuah makanan yang kurang sehat, dan berfikir boleh selama mereka mengonsumsinya tidak sering, karena itulah ini dinamakan “sometimes food”. Jenis makanan ini memang tidak sehat, namun masih boleh dikonsumsi selama kita menjaganya tetap menjadi “sometimes food”. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s