Memakai Kaca Mata Hitam, Berbahayakah?

Siapa bilang kacamata hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan saja? Saat ini kacamata juga digunakan untuk berbagai fungsi, seperti kacamata 3 dimensi untuk menonton film dengan fitur 3 dimensi atau kacamata hitam yang digunakan untuk menyempurnakan penampiln. Penggunaan kacamata hitam ini tidak lepas dari kebiasaan artis-artis, baik dalam maupun luar negeri, yang sering menggunakan kacamata dalam berbagai kesempatan. KhususnMemakai Kaca Mata Hitam, Berbahayakahya, ketika mereka sedang berkunjung ke lokasi yang cukup panas dan silau karena sinar matahari. Karena itulah, jangan heran jika kita sering menemukan penjual kacamata di berbagai tempat wisata.

Menggunakan kacamata hitam sih memang bisa membuat penampilan keren, tapi kamu tahu gak kalo ternyata memakai kacamata ini bisa berbahaya untuk kesehatan penggunanya? Hmm… masa sih? Eitss, jangan panik dulu, karena ternyata tidak semua kacamata hitam itu berefek buruk loh. Tergantung pada kualitas lensa kacamata yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan kacamata yang memiliki kualitas baik, maka manfaat dari kacamata ini akan dapat kamu rasakan, dan tentunya tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Lalu kacamata apa yang sebenarnya berbahaya? Jawabannya sederhana, yaitu kacamata yang tidak melalui uji standar kesehatan laboraturium. Sebelum sebuah kacamata hitam dipasarkan kepada konsumen, kacamata ini akan melalui sebuah ujian atau tes untuk melihat bagaimana lensa kacamata hitam ini menghalau sinar matahari. Sebuah kacamata akan dikatakan lulus uji jika pada saat terkena sinar matahari, tidak akan menyebabkan penglihatan ganda pada penggunanya. Penglihatan ganda ini tentunya sangat berbahaya, karena selain beresiko membuat penggunanya merasa pusing, hal ini juga bisa membuat penggunanya menjadi kurang waspada terhadap berbagai hal yang ada di sekitarnya.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memilih kacamata yang aman? Apakah kacamata yang berharga mahal sudah pasti aman? Jawabannya, belum tentu aman. Nah, cara paling sederhana untuk kita mengetahui apakah sebuah kacamata aman atau tidak, adalah dengan coba menggunakannya di bawah sinar matahari selama beberapa menit. Jika kita merasa nyaman dan tidak mengalami masalah penglihatan, maka kita bisa menggunakannya tanpa merasa khawatir. Apalagi, jika kacamata ini sudah jelas lulustes kesehatan, kita bisa semakin yakin dengan kualitas kacamata tersebut. Hal lain yang sebaiknya dipertimbangkan yaitu, pilih lensa yang telah terlapisi dengan UVA dan UVB, untuk mengamankan mata dari gelombang radiasi yang dipancarkan sinar matahari.

Jadi, memakai kacamata hitam masih aman kok, selama kita memperhatikan dengan baik kualitas dari kacamata yang kita beli. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s