Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memeluk Anak?

Banyak orangtua yang kurang menyadari bahwa keinginan dan kebutuhan anak adalah hal yang berbeda, terutama bagi orangtua yang memiliki kemampuan keuangan cukup berlebih. Mereka cenderung memenuhi seluruh keinginan anak, khususnya yang

waktu yang tepat memeluk anak

berkaitan dengan materi (mainan, pakaian, dan berbagai benda lain) dan menganggap bahwa hal tersebut sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan anak. Padahal, selalu memenuhi keinginan anak justru hanya akan berdampak negatif bagi perkembangan psikologi anak ke depannya. Karena itulah, saat anak menginginkan sesuatu pastikanlah bahwa itu adalah hal yang dibutuhkannya, bukan diinginkannya.

Selain berbagai benda yang bersifat materi, anak juga membutuhkan hal lain yang sangat penting, yaitu perhatian dan kasih sayang. Tidak sulit bagi orangtua jika ingin menunjukkan rasa sayang pada anak, bahkan cara ini tidak membutuhkan uang dan juga banyak waktu, yaitu berikanlah sebuah pelukan pada anak. Yups, cara ini memang sangatlah mudah dan sederhana, namun justru sering terlupakan oleh orangtua saat ini. Beragam aktivitas yang menyita waktu orangtua, terkadang membuat mereka lupa, bahwa seorang anak membutuhkan hal ini. Padahal, sebuah pelukan yang diberikan orangtua pada anaknya, memberikan banyak sekali manfaat bagi anak.

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus yang paling tepat untuk memeluk anak, selama orangtua memeluk anak dengan tulus dan penuh kasih sayang, hingga anak bisa merasakan betapa besar rasa sayang yang dimiliki orangtua padanya. Namun, beberapa waktu berikut ini bisa menjadi saat yang tepat untuk memeluk anak, antara lain:

  • Setelah dimarahi

Ketika anak melakukan kesalahan, seringkali orangtua akan memarahi anak. Agar anak bisa lebih memahami kesalahannya dan mengerti bahwa orangtuanya memarahi bukan karena tidak menyayanginya, peluklah anak tersebut. Peluklah dengan lembut, dan berikanlah pengertian secara perlahan hingga anak mengerti.

  • Saat tidur

Memeluk anak ketika sedang tidur, tidak hanya memberikan rasa nyaman pada anak, tetapi anak juga akan merasa lebih aman. Namun ingat, berikanlah batasan usia anak boleh tidur bersama orangtuanya, karena anak juga perlu untuk belajar mandiri, salah satunya dengan tidur sendiri. Saat anak sudah mulai tidur di kamarnya sendiri, tidak ada salahnya jika orangtua memeluk anak terlebih dahulu sebelum anak tidur.

  • Ketika anak lelah atau sakit

Saat anak merasa lelah dengan berbagai aktivitasnya, memberikannya sebuah pelukan akan dapat membuatnya merasa nyaman. Bahkan, energi anak bisa kembali terisi dan bisa kembali beraktivitas. Pelukan ini juga bisa bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada anak ketika anak sedang sakit.

  • Saat anak merasa putus asa

Saat anak sedang menghadapi berbagai masalah, seperti kalah dalam perlombaan, atau mendapatkan nilai yang buruk, sebuah pelukan dapat membuatnya kembali bersemangat agar dapat berjuang mendapatkan hasil yang lebih baik. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s