Dampak Ibu yang Mengalami Kecanduan Gadget

Banyak sekali artikel yang membahas kecanduan gadget pada anak yang masih dibawah umur. Hal ini tentunya beralasan, karena memang semakin banyak orangtua yang menggunakan gadget untuk menenangkan anaknya ketika rewel. Orangtua juga sering menggunakan gadget untuk membuat anaknya tetap tenang dan tidak menDampak Ibu yang Mengalami Kecanduan Gadgetgganggu aktivitas orangtuanya. Kedua hal inilah yang paling umum terlihat, sehingga banyak orang yang menuliskan dampak apa saja yang bisa terjadi pada anak yang kecanduan gadget.

Namun sebenarnya, masalah kecanduan gadget ini tidak hanya menimpa anak saja. Banyak juga orangtua, khususnya ibu, yang mengalami masalah ini. Hal ini sangat berbahaya, apalagi ketika ibu sedang mengandung. Ibu tidak menyadari pengaruh buruk radiasi ponsel pada janin yang berada dalam kandungannya. Bahkan tidak jarang, seorang ibu lebih mementingkan gadgetnya dibandingkan dengan orang disekitarnya, termasuk anaknya. Ketika seorang ibu yang kecanduan gadget sedang asik bermain gadget, dia tidak akan mau diganggu, termasuk oleh anaknya. Sehingga, sang ibu memilih untuk memberika gadget juga pada anaknya supaya anaknya diam dan tidak mengganggu kesenangan sang ibu bermain gadget. Maka, tidaklah mengherankan jika ibu yang kecanduan gadget biasanya akan memiliki anak yang kecanduan gadget juga.

Kecanduan gadget pada seorang ibu bisa dibilang sangat memprihatinkan, karena dapat membuatnya mengabaikan kewajibannya sebagai ibu. Apalagi, jika usia sang anak masih sangat kecil dan masih sangat membutuhkan perhatian dari ibunya. Kesibukan ibu dengan gadget, akan membuat perhatian ibu pada anak menjadi berkurang. Selain itu, kewaspadaan ibu saat menjaga anak juga akan jauh berkurang. Misalnya saja, ketika ibu sedang mengajak anaknya berjalan-jalan ditaman. Namun sesampainya ditaman, ibu justru sibuk dengan gadgetnya. Maka ibu tidak akan memperhatikan kemana anak pergi, dengan siapa anak bermain, dan permainan apa yang dimainkan oleh anaknya. Ketika anak memainkan permainan yang berbahaya atau tidak sesuai dengan umurnya, ibu juga tidak akan dapat mengawasinya dengan baik.

Selain pengawasan dan perhatian ibu pada anak menjadi berkurang, kecanduan gadget juga membuat hubungan sosial ibu dan anak menjadi renggang. Ibu tidak akan memiliki waktu untuk bermain dan mengobrol dengan anak. Bahkan ibu tidak akan menyadari, kemajuan atau masalah apa yang terjadi pada anak. Jika hal ini terus biarkan, akan berdampak negatif pada anak karena merasa terabaikan. Bahkan semakin anak dewasa, maka akan semakin jauh hubungan anak dengan ibu.

Pada setiap ibu, tidak ada salahnya memiliki dan bermain dengan gadget. Namun, jangan lupa bahwa perhatian pada anak merupakan hal yang jauh lebih penting. Semakin anak dewasa dan memiliki banyak teman, akan semakin sedikit waktu yang dia miliki untuk orangtuanya. Saat itu, sudah terlambat bagi ibu untuk mendekatkan diri dengan anak, karena anak sudah menemukan banyak hal lain yang lebih menarik, dan memiliki banyak orang yang memperhatikannya. Karena itulah, manfaatkan waktu yang ibu miliki bersama anak dengan sebaik-baiknya. (Vivi)

Advertisements

One thought on “Dampak Ibu yang Mengalami Kecanduan Gadget

  1. Pingback: Dampak negatif penggunaan gadget bagi anak-anak | ViTazVita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s