Amankah Mengkonsumsi Air Lemon ?

Mengkonsumsi air dengan irisan lemon di dalamnya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Alasannya, karena banyak yang berpendapat bahwa air lemon mengandung banyak antioksidan yang sangat penting untuk keseAmankah Mengkonsumsi Air Lemonhatan kita. Namun, banyak juga yang tidak berniat melakukannya karena menganggap bahwa mengkonsumsi air lemon dalam jangka panjang, justru dapat berbahaya bagi kesehatan. Jadi sebenarnya, mengkonsumsi air lemon itu baik atau buruk yah? Berikut ini penjelasannya.

Air lemon mengandung sejumlah besar vitamin yang dibutuhkan tubuh, juga antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Apalagi, dengan kondisi udara yang saat ini sudah sangat tercemar oleh berbagai penyebab polusi udara, tubuh akan membutuhkan sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi air lemon:

  • Membantu sistem pencernaan

Air lemon dapat membantu melancarkan pencernaan, serta membuang racun dari dalam tubuh. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat merangsang fungsi enzim. Selain itu, air lemon juga dapat berfungsi untuk membersihkan darah dalam tubuh jika diminum secara teratur.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meminum air lemon secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi. Selain mengandung vitamin C, lemon mengandung asam askorbat yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan Saponin dalam lemon bermanfaat untuk melawan bakteri dan menghindari flu.

  • Mencerahkan kulit

Lemon mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk melawan noda dan kerutan di kulit.

Memiliki banyak manfaat bukan berarti air lemon tidak memiliki dampak negatif ke tubuh. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan, air lemon juga dapat memberi efek tidak baik bagi tubuh, antara lain:

  • Menyebabkan gigiĀ keropos

Gigi yang terkena cairan bersifat asam terlalu sering, seperti air lemon, akan membuat enamel gigi terkikis dan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Untuk mengurangi efek sampingnya pada gigi, minum air lemon dengan menggunakan sedotan agar air tidak langsung memiliki kontak dengan gigi.

  • Naiknya asam lambung

Mengkonsumsi air lemon akan meningkatkan asam lambung pada tubuh. Karena itulah, bagi seseorang yang sudah menderita penyakit asam lambung sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin mengkonsumsi air lemon.

  • Dehidrasi

Air lemon dapat meningkatkan produksi urine, karena itulah jika tidak diimbangi dengan banyak minum maka konsumsi air lemon dapat menyebabkan dehidrasi. (Vivi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s